Pages

Thursday, June 16, 2016

Masjid AR Fachruddin & SPBU UMM

  • Masjid AR. Fachruddin

unnamed
Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sebuah masjid yang bernama Masjid AR. Fachruddin. Masjid ini dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden RI ke-3, Presiden BJ. Habibie pada tahun 1998. Masjid ini berlokasi di tepi Jalan Raya Tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik dengan bangunan yang di cat putih. Letak yang strategis, membuat masjid ini sering digunakan sebagai salah satutujuan wisata. 
Masjid ini terdiri dari 5 lantai yang dimanfaatkan selain untuk tempat peribadatan juga untuk
perkuliahan dan perkantoran. Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi.
Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang memiliki arah kiblat yang sudah tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh sivitas akademika maupun masyarakat umum.
  • SPBU UMM

spbuSeakan kurang dengan fasilitas yang telah dimiliki, Universitas Muhammadiyah Malang juga membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) UMM yang dibangun disebelah barat Masji AR. Fachruddin tepatnya di sebelah kiri pintu keluar Barat kampus III UMM. 
Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa.
SPBU UMM  ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM yang menggunakan kendaran sangat banyak. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

Source
Masjid AR. Fachruddin
SPBU UMM

No comments:

Post a Comment